What?

Senin, 04 Mei 2009

Asal Usul Kehidupan









Makhluk hidup di bumi ini diperkirakan muncul sekitar 4 milyar tahun tahun yang lalu.
Evolusi adalah suatu teori yang menjelaskan adanya perubahan yang terjadi secara perlahan-lahan dalam waktu jutaan dan bahkan bermilyar-milyar tahun lamanya.
Aristoteles berteori bahwa makhluk hidup berasal dari benda tak hidup dan terjadi secara spontan. Teorinya : Abiogenesis atau generasi spontanea. Pendukungnya antara lain John Needham.

Menurut Louis Pasteur, makhluk hidup terjadi dari telur dan telur berasal dari makhluk hidup, makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya. Sebelumnya ada F. Redi dan Spallanzani berusaha menumbangkan teori Aristoteles, tapi belum berhasil.

Alexander Oparin mengatakan bahwa mula-mula bumi penuh dengan uap air, metana, amonia dan karbondioksida. Gas-gas tersebut bereaksi dengan pertolongan energi listrik membentuk zat-zat organik seperti asam amino, gula sederhana. Asam amino merupakan zat yang penting untuk menyusun protein dan protein merupakan zat yang penting dalam kehidupan. Jadi kehidupan berasal dari benda abiotik yang mengalami evolusi membentuk makhluk hidup (abiogenesis secara evolusi).
Harold Urey menjelaskan sebagian tahapan teori Oparin yakni tentang terbentuknya zat organik secara spontan dari zat anorganik.
Teori oparin dibuktikan oleh Miller dengan perangkat alatnya. Hasilnya diperoleh zat organik yang berupa asam amino. asam amino ini merupakan senyawa penyusun polipeptida.
Di dalam sup praboitik terbentuk RNA, zat yang hidup karena mampu memperbanyak diri dan setelah itu terbentuk DNA. Pada suatu tempat di laut, DNA terperangkap dalam membran lemak dan protein, kemudian terbentuklah sel heterotrof pertama kali.
Sel heterotrof merupakan nenek moyang kehidupan. karena makanan mulai habis, sel heterotrof berkembang menjadi sel autotrof, yang merupakan nenek moyang sel tumbuhan. Bentuk awal sel hewan diduga mirip protista berflagel yang kehilangan kloroplasnya, teori lain menyatakan sel hewan berkembang dari sel eukariotik aerobik.
Makhluk hidup bersel satu berkembang menjadi makhluk hidup bersel banyak. Evolusi berlangsung dari makhluk hidup yang memiliki tingkatan rendah menjadi makhluk hidup yang memiliki tingkatan tinggi dan dari lingkungan air ke lingkungan darat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar